February 23, 2017

Cara Cerdas dan Bijaksana Menghadapi Hari Tua

Posted By: Wahyu Utama - Thursday, February 23, 2017

Share

& Comment

Masa tua dan pensiun pasti akan dialami oleh sebagian besar orang yang bekerja, baik sebagai pegawai negeri dan swasta ataupun berwirausaha. Masa pensiun dapat terjadi karena disaat usia kita sudah semakin tua, maka produktivitas kerja akan semakin menurun. Dimasa inilah pensiun akan terjadi dan kita mulai memasuki kehidupan senja untuk menikmati jerih payah kita dimasa muda. 

Namun, benarkah setelah memasuki masa pensiun kita bisa menikmati kehidupan dimasa senja dengan nyaman ?


Jawaban dari pertanyaan diatas sangat tergantung dari cara anda mempersiapkan jaminan hari tua dan jaminan pensiun disaat masih produktif bekerja. Mari kita simak sebuah survei dari Manulife Investor Sentiment Index pada tahun 2013 yang menyatakan bahwa 75% orang Indonesia masih berpikiran untuk terus bekerja setelah masa pensiun.

Apakah pemikiran tersebut sama dengan anda ?

Ingin terus bekerja memenuhi kebutuhan disaat kondisi sudah tidak lagi memungkinkan untuk bekerja. 

Tidak ada yang salah dengan keputusan anda untuk bekerja setelah masa pensiun. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah disaat masa tua, kondisi kesehatan, usia, dan produktivitas sudah tidak lagi memungkinkan untuk bekerja dan menghasilkan uang. Sehingga anda harus lebih bijaksana mencari sebuah alternatif untuk memenuhi kebutuhan dimasa tua. 

Mari Kita Berhitung Sejenak 


Sebagai langkah awal mempersiapkan kehidupan yang lebih baik dimasa pensiun ada baiknya kita melakukan kalkulasi tentang biaya yang dibutuhkan disaat pensiun. Hal yang harus diperkirakan dalam perhitungan ini adalah besarnya biaya hidup sekarang beserta kenaikannya setiap tahun.

Sebagai contoh biaya hidup kita sekarang sebesar Rp 3.000.000 setiap bulannya. Dengan menggunakan konsep future value dan inflasi tahunan sebesar 6%, maka uang Rp 3.000.000 sama dengan Rp 17.000.000 per bulan pada 30 tahun mendatang.

Disaat masa pensiun, biaya hidup yang diperlukan biasanya berkurang dikarenakan kita tidak lagi memiliki tanggungan anak ataupun cicilan yang harus dibayar. Dengan demikian biaya hidup tadi bisa berkurang menjadi 70% dari total menjadi Rp 12.000.000 setiap bulan saat masa pensiun. 

Perhitungan sederhana diatas sudah sangat menjelaskan bahwa masa pensiun merupakan masa yang harus dipersiapkan dengan sangat matang. Jika kita memiliki persiapan yang matang, maka kita bisa menikmati pensiun dengan bahagia karena tidak perlu lagi untuk bekerja.

Cara Cerdas Menghadapi Hari Tua


Lakukan Investasi Terhadap Pendapatan yang Diterima

 

Investasi yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan reksadana, saham, ataupun obligasi. Tentunya saat menggunakan cara ini kita harus mempertimbangkan faktor resiko investasi dengan profil resiko kita sebagai investor. 

Jika kita memiliki profil resiko agresif bisa mencoba berinvestasi lewat saham yang banyak diperdagangkan dipasar modal. Namun dengan adanya resiko investasi yang sangat tinggi kebanyakan dari masyarakat Indonesia tidak memilih jenis investasi ini. 

Hal diatas senada dengan pernyataan Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK, Nurhaida pada tahun 2014 yang berkata bahwa hanya 0,2 persen penduduk Indonesia yang berinvestasi pada pada pasar modal. Rasa khawatir terhadap imbal hasil yang tidak pasti menjadikan banyak masyarakat Indonesia takut untuk memulai berinvestasi di pasar modal.

Cara Alternatif yang Lebih Aman


Jika berinvestasi dalam pasar modal mengandung resiko yang sangat tinggi, lalu mulai muncul pertanyaan di dalam pikiran.

Adakah cara lain yang lebih aman dalam mempersiapkan dana untuk pensiun ?

Jawabannya ada, kita bisa mengikuti sebuah program yang dimiliki oleh BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan menawarkan program Jaminan Pensiun bagi anda yang ingin mempersiapkan hari tua yang aman dan nyaman dari masalah finansial.

Apakah besar iuran yang harus dibayarkan ?

Tidak, iuran program jaminan pensiun hanya sebesar 3% dari upah pokok ditambah dengan tunjangan. 

Sebagai pekerja kita hanya wajib membayar 1% saja dan 2% sisanya akan  dibayarkan oleh pihak pemberi kerja. Sangat kecil dan ringan sekali bagi kita yang tidak terlalu suka dengan resiko yang tinggi. 

Dengan mengikuti program jaminan pensiun dari BPJS Ketenagakerjaan ada banyak sekali manfaat yang dapat kita rasakan. 

Berikut beberapa manfaat yang akan kita dapatkan, 


Dari berbagai manfaat dari program jaminan pensiun BPJS Ketenagakerjaan tersebut yang paling penting adalah adanya jaminan uang tunai yang akan kita terima sebagai peserta. Hal yang lebih menggembirakan lagi adalah uang tunai tersebut akan kita terima sampai meninggal dunia, sebuah manfaat yang sangat menggembirakan.

Dengan memilih untuk mengikuti program jaminan pensiun dari BPJS Ketenagakerjaan berarti kita telah membuat langkah yang bijak sebelum memasuki dunia pensiun. Meraih kebahagiaan dan terbebas dari masalah finansial dimasa tua dapat kita rasakan berkat persiapan yang matang.

About Wahyu Utama

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Copyright © TERUTAMA ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.