February 1, 2017

Inspirasi Seorang Jack Ma : Dulu Ditolak KFC, Sekarang Menjadi Orang Terkaya di Tiongkok

Posted By: Wahyu Utama - Wednesday, February 01, 2017

Share

& Comment

Pernahkah kalian mengeluh dan merasa putus asa ketika apa yang kita impikan selama ini tidak juga  datang dengan segera?

Senantiasa berusaha melakukan yang terbaik namun belum juga menemukan hasil ?

Jika jawabannya iya, berarti kalian harus segera menyimak perjalanan hidup seorang Jack Ma berikut ini untuk dapat mengambil banyak pelajaran dari beliau.

Jack Ma merupakan pendiri Alibaba.com yang merupakan situs e-commerce terbesar di Tiongkok dan perusahaan internet terbesar ketiga di dunia setelah Google dan Facebook. Beliau lahir pada 15 oktober 1964 serta besar dan tumbuh di Hangzhou, China.

Kesuksesan yang diraih oleh Jack Ma saat ini tidak serta merta dapat dihasilkan hanya dengan waktu semalam saja. Banyak waktu, pengorbanan, dan kerja keras yang dilakukannya sehingga dia mampu menjadi orang terkaya di Tiongkok dan menjadi pengusaha sukses seperti sekarang.

Penolakan dan kegagalan sering kali ia temui kala itu, mulai dari penolakan untuk masuk ke Universitas sampai kepada beberapa kali ditolak untuk melamar pekerjaan oleh berbagai perusahaan.

Namun hal itu tidak menjadikannya putus asa, Jack Ma terus berjuang sampai akhirnya ia dapat mendirikan perusahaan  e-commerce terbesar di Tiongkok dan menjadi orang terkaya di Tiongkok.

Kita pun bisa dan punya hak untuk menjadi orang sukses seperti Jack Ma.

Oleh karena itulah mari kita pelajari faktor apa saja yang dapat kita ambil sebagai kunci kesuksesan seorang Jack Ma.


Kemiskinan Bukan Halangan Menjadi Kaya


Jack Ma bukanlah orang yang terlahir dari keluarga kaya raya yang dapat dengan mudah memberikan Jack Ma uang. Beliau lahir dengan keadaan ekonomi yang lemah, dimana orangtuanya adalah seorang pendongeng tradisional Tiongkok dan menghidupi keluarganya dari tunjangan pensiun bulanan yang didapatkannya.

Namun kondisi ekonomi yang lemah tidak menjadikannya orang yang lemah dalam berjuang dalam meraih impian. Jack Ma meyakini bahwa yang dapat mengubah nasibnya untuk menjadi lebih baik adalah dirinya sendiri bukan faktor keturunan yang kaya raya.

Kemauan dan tekad untuk dapat menjadi orang lebih baik inilah yang menjadikan Jack Ma orang yang senantiasa berjuang dengan keras dalam menggapai mimpi-mimpinya.



Kegigihan Untuk belajar


Tempat tinggal Jack Ma, Hangzhou, merupakan salah satu tempat yang menjadi destinasi wisata dari banyak turis mancanegara.
Melihat hal ini, Jack Ma yang saat itu masih berusia 12 tahun rela bersepeda selama 40 menit ke hotel dimana banyak para turis menginap untuk belajar bahasa inggris secara langsung dengan mereka.

Jack Ma pada saat itu menjadi seorang pemandu wisata untuk para turis asing tersebut sekaligus ia dapat mempelajari bahasa inggris secara langsung dengan para turis asing.

Kegiatan belajar ini dilakukan Jack Ma selama 8 tahun terus menerus yang menunjukkan bahwa Jack Ma adalah seorang yang memiliki kemauan dan konsistensi dalam mempelajari ilmu yang baru.

Hasilnya tidak sia-sia, lama bergaul dengan banyak turis menjadikan Jack Ma fasih dalam berbahasa Inggris dan memiliki pemikiran global dibandingkan dengan teman-teman seusianya.

Teruslah belajar, itulah yang harus kita lakukan untuk dapat menjadi orang yang sukses. Dengan terus belajar kita akan memiliki pengetahuan yang terus berkembang yang kemudian akan mendukung kita untuk meraih kesuksesan di masa depan.

Memberikan Solusi dan Manfaat Kepada Banyak Orang

Faktor penting selanjutnya yang menjadkan Jack Ma dapat meraih kesuksesannya sekarang adalah ia memberikan sebuah solusi untuk banyak masyarakat.

Melalui Alibaba.com, Jack Ma memberikan ruang kepada para pedagang Tiongkok untuk menjual barangnya ke luar China. Jack Ma membantu para pedagang yang tidak memiliki kemampuan finansial untuk melakukan pameran ke luar negeri layaknya pedagang-pedagang besar.

Dengan adanya Alibaba.com, para pedagang ini hanya cukup menawarkan barangnya secara online dan selanjutnya akan ada banyak mata yang melihat barang-barang mereka dari seluruh penjuru dunia.

Bukan hanya itu saja yang Jack Ma berikan kepada para pedagang tersebut, Ia memberikan layanan Alibaba tersebut secara gratis baik dari sisi penjual maupun yang akan membeli.

Solusi yang dtawarkan oleh Jack Ma terbukti sukses dan berhasil. Dimana sekarang, Alibaba.com telah menjadi situs e-commerce terbesar di tanah Tiongkok.

Pantang Menyerah Menghadapi Kegagalan


Jika ditanya berapa kali Jack Ma mengalami kegagalan dalam hidupnya, jawabannya adalah puluhan kali.
Jack Ma sering merasakan penolakan dan kegagalan. Pertama, ia 2 kali gagal dalam masuk ujian Universitas dan baru diterima setelah mengikuti ujian yang ketiga kalinya. Kedua, ia ditolak puluhan kali oleh perusahaan saat melamar pekerjaan, bahkan ia pernah mendaftar untuk menjadi karyawan KFC, dari 27 orang yang 
melamar, hanya ia satu-satunya yang ditolak untuk bekerja disana.

Apakah Jack Ma menyerah ?

Tidak, ia terus berusaha mengejar mimpinya.

Gagal, Bangkit, Gagal, Bangkit lagi, Gagal, Bangkit.

Sikap pantang menyerah dan terus berusaha menjadikan kita senantisa memiliki kesempatan.

Bandingkan jika sudah putus asa dan menyerah karena kegagalan yang dihadapi, tentu kesempatan untuk mendapatkan yang lebih baik akan hilang dengan sendirinya.

Memiliki Keyakinan dan Ambisi

 


Jack Ma pernah meminta 24 orang temannya untuk memberikan pendapat mereka tentang gagasannya mendirikan Alibaba.
Dari 24 orang teman yang dimintai pendapat, 23 orang memberikan saran kepada Jack Ma untuk berhenti. Mereka beranggapan Jack Ma tidak memiliki modal yang cukup dan tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang dunia internet.

Namun ada seorang teman yang memberikan dukungan kepada Jack Ma, temannya berkata bahwa kamu coba saja untuk melakukannya, jika tidak berjalan baik kamu bisa kembali kepada hal yang kamu lakukan sebelumnya.

Satu orang teman inilah yang menjadikan Jack Ma tetap menjalankan idenya untuk menjalankan Alibaba, walaupun banyak dari temannya tidak percaya bahwa ia akan berhasil dengan idenya.

Keinginan yang kuat dan ambisi untuk mewujudkan mimpi membangun perusahaan e-commerce menjadikan Jack Ma sosok yang tangguh dan berani untuk melangkah mewujudkan mimpinya.
 

Menjadi Panutan dan Contoh


Sosok Jack merupakan bukti nyata dari sosok orang yang memiliki daya juang yang tinggi. Tidak pernah mengeluh dan menyerah dengan keterbatasan yang dimiliki. Terus maju untuk mewujudkan mimpi yang dimiliki. Tidak peduli dengan banyaknya orang yang meremehkan kemampuan dan kapasitas yang dimiliki dirinya. Terus belajar, memperbaiki diri dari hari ke hari, dan pantang mundur sebelum mimpi tercapai.

Kita pun bisa menjadi sosok seperti beliau, jika kita memiliki mimpi dan ide yang cemerlang, dan kita yakin mampu untuk meraihnya.
Lakukan sekarang juga, jangan menunda kesuksesan.Kesuksesan yang didapat oleh Jack Ma dapat terjadi karena beliau segera merealisasikan mimpi yang ingin diwujudkannya.


About Wahyu Utama

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Copyright © TERUTAMA ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.