July 13, 2016

Cara Bersilaturahmi Dengan Baik Ke Rumah Orang Lain

Posted By: Wahyu Utama - Wednesday, July 13, 2016

Share

& Comment

Terutama Spot – Meskipun sekarang telah memasuki hari kerja tetapi masih banyak dari masyarakat yang melakukan silaturahmi ke rumah teman ataupun kerabat yang belum bertemu. Hal ini terjadi biasanya karena banyak dari masyarakat yang pulang kampung untuk mudik ke daerah masing-masing. Sehingga belum sempat bersilaturahmi ke teman-teman kantor ataupun tetangga. 

Hal ini menjadikan hari-hari pertama masuk kerja dibuat acara halal bihalal ataupun open house sebagai bentuk silaturahmi dengan sesama teman.

Agar kita tidak salah dalam berlaku saat bersilaturahmi ke rumah teman, berikut cara-cara yang dapat diterapkan saat bersilaturahmi.

Bersilaturahmi, Halal bihalal
Bersilaturahmi via gulalives.co

Ucapkan Salam Saat Masuk

Hal yang pertama kali perlu dilakukan saat bersilaturahmi ke rumah orang lain adalah dengan mengucapkan salam kepada tuan rumah sebelum masuk ke rumah. Mengucapkan salam merupakan bentuk penghormatan kita terhadap pemilik rumah dan juga menandakan bahwa kita memiliki etika dan juga sopan santun. 

Asal masuk ke rumah orang tanpa disertai salam merupakan tindakan yang salah saat bersilaturahmi ke rumah orang. Tuan rumah tentu akan merasa risih jika ada orang lain masuk secara tiba-tiba ke dalam rumahnya tanpa disertai salam.

Jangan Makan/Minum Sebelum Dipersilahkan

Saat kita berkunjung ke rumah orang lain, pemilik rumah biasanya akan menyuguhkan makanan dan juga minuman untuk para tamunya. Nah, seringkali kita lupa dan langsung memakan makanan dan meminum minuman yang disuguhkan pemilik rumah. 

Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menunggu sampai pemilik rumah mengizinkan untuk mengambil makanan ataupun minuman. Jika dirasakan sudah terlalu lapar dan haus kita dapat meminta izin terlebih dahulu sebelum makan dan minum.

Hindari Perkataan yang Menyakiti Tuan Rumah

Tujuan bersilaturahmi adalah untuk menyambung dan mempererat tali silaturahmi dengan teman ataupun yang lainnya. Oleh karena itu, disaat kita bersilaturahmi ke rumah orang lain hindari perkataan-perkataan yang dirasa akan menyinggung pemilik rumah.

Carilah topik pembicaraan yang nyaman untuk dibicarakan seperti kejadian sekitar rumah, kegiatan kantor, dan yang lainnya . Jangan membicarakan hal-hal yang sensitif seperti perhiasan yang dikenakan, kondisi rumah, dan aib pemilik rumah.

Jangan Terlalu Cepat Pergi

Cara selanjutnya adalah dengan sepintar mungkin mengatur waktu kunjungan. Jangan bertamu dengan waktu yang sangat lama karena hal tersebut dapat mengganggu aktivitas pemilik rumah dan juga jangan bertamu dengan waktu yang terlalu cepat karena akan muncul anggapan kita tidak senang untuk bertamu kesana.
Waktu kunjungan selama 30-45 menit merupakan waktu yang cukup ideal untuk bersilaturahmi ke rumah orang lain, dimana waktu tersebut tidaklah terlalu cepat dan juga tidak terlalu lama.

About Wahyu Utama

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Copyright © TERUTAMA ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.