June 7, 2016

Susah Bangun Sahur ? Ini Cara Efektif Mengatasinya

Posted By: Wahyu Utama - Tuesday, June 07, 2016

Share

& Comment

Terutama Spot – Masuknya bulan suci Ramadhan mengharuskan umat islam di Indonesia mengubah pola tidurnya. Awalnya terbiasa bangun pukul 5 bahkan ada yang lebih siang diharuskan bangun lebih awal lagi untuk makan sahur. Masalah yang baru kemudian muncul yaitu susahnya untuk bangun sahur karena tidak terbiasa bangun pada jam 3 atau 4 pagi. Akhirnya banyak dari mereka yang tidak makan sahur karena masalah susah bangun untuk sahur. Agar masalah tersebut teratasi berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi susahnya bangun sahur.

Bangun sahur, cara mengatasi susah bangun, waktu sahur
Sumber Gambar mediaislamnet.com



Tidur Lebih Awal

Susah untuk bangun sahur salah satunya penyebabnya  karena tidur yang terlalu larut dimalam hari. Agar masalah tersebut teratasi biasakan diri untuk mengubah pola tidur dengan tidur menjadi lebih awal dari sebelumnya. Apabila selesai solat terawih sekitar pukul 9 malam maka dapat segera tidur pukul 9.30 malam dan kemudian bangun sahur pada 3.30 pagi. Dengan jadwal tersebut maka waktu tidur yang kita dapat sekitar 6 jam dan waktu tersebut sudah cukup baik untuk jadwal tidur orang dewasa.

Manfaatkan Alarm

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi susahnya untuk bangun sahur adalah dengan memanfaatkan alarm. Cara ini merupakan cara yang mendukung cara pertama yaitu dengan lebih dulu tidur diawal waktu. Hal ini karena akan terasa percuma jika hanya memanfaatkan alarm namun belum mengubah pola tidur. Alarm digunakan hanya untuk memaksa tubuh untuk bangun di waktu yang lebih awal agar dikemudian hari tubuh dapat lebih terbiasa pada waktu tersebut.

Minta Tolong Keluarga Atau Teman

Apabila menggunakam alarm masih susah untuk bangun sahur mintalah tolong dengan keluarga untuk membangunkan atau dengan teman bagi yang tinggalnya ngekost. Keluarga dan teman biasanya akan menggerakkan tubuh kita pada saat membangunkan sahur, hal ini akan lebih efektif untuk bangun sahur dibandingkan hanya dengan mendengar suara alarm. Kemungkinan kita untuk dapat bangun sahur dengan bantuan keluarga dan teman sangat besar jadi perlu dilakukan.

Niatkan Diri Untuk Bangun

Cara terakhir yang merupakan cara yang penting untuk dilakukan agar dapat bangun sahur adalah dengan meniatkan diri untuk bangun sahur. Dengan adanya niat untuk bangun sahur maka dengan sendirinya otak akan mengikuti apa yang menjadi niat dalam diri kita. Niat perlu dilakukan karena ketiga cara diatas akan terasa percuma dan tidak akan dapat berjalan jika niat dari dalam diri sendiri tidak ada untuk bangun sahur.


Perbaikan

Cara diatas merupakan langkah sederhana yang dapat diterapkan bagi semua orang yang merasa susah untuk bangun di waktu sahur. Jika kita ingin berusaha menjadi lebih baik dan melakukan perubahan maka kesempatan untuk dapat bangun sahur pasti dapat dilakukan.

About Wahyu Utama

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Copyright © TERUTAMA ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.