April 18, 2016

Cara Efektif Meningkatkan Kesadaran dalam Membayar Pajak

Posted By: Wahyu Utama - Monday, April 18, 2016

Share

& Comment

Terutama Spot – Banyaknya peristiwa dimana banyak dari wajib pajak yang enggan untuk membayar pajaknya seperti Panama Papers dan pembunuhan dua petugas pajak oleh wajib pajak yang tidak terima dirinya ditagih oleh petugas, memberikan gambaran serius kepada kita bahwa banyak orang yang memiliki penghasilan yang besar namun tidak bersedia untuk menyisihkan sebagian pendapatannya untuk membayar pajak.

Contoh kasus diatas seharusnya tidak terjadi karena pajak yang mereka bayarkan akan digunakan untuk membantu masyarakat lain yang kurang beruntung. Maka dari itu agar kasus penghindaran pajak ini tidak lagi terjadi, berikut cara efektif untuk meningkatkan kesadaran membayar pajak.

Cara Efektif Meningkatkan Kesadaran Membayar Pajak
gambar bisnis.liputan6.com


Niat Awal Wajib Pajak

Hal yang pertama kali harus dilakukan agar para wajib pajak memiliki kesadaran dalam membayar pajak adalah dengan memiliki niat awal yang baik. Wajib pajak memiliki niat awal bahwa sebagian dari pendapatan dan hartanya merupakan hak dari mereka yang kurang mampu, jadi bukan hanya milik dirinya pribadi. 

Dengan adanya niat awal yang baik dan kesadaran sosial untuk membantu saudara yang kurang beruntung maka kemungkinan dari wajib pajak untuk membayar pajak akan semakin besar. Dengan disertai kemauan untuk memberi manfaat bagi orang lain akan membuka jalan yang lebih mudah, sehingga wajib pajak bersedia dan mau untuk membayar pajak.

Pahami Manfaat Membayar Pajak

Setelah adanya niat awal, selanjutnya wajib pajak harus memahami manfaat dari membayar pajak itu sendiri. Wajib pajak harus tahu bahwa dengan pajak yang mereka bayarkan, negara dapat mengelola dana pendapatan pajak tersebut untuk diberikan kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkan bantuan. Dengan pajak yang dibayarkan oleh wajib pajak tersebut pemerintah dapat memiliki dana yang cukup untuk memberikan dana bantuan dan subsidi kepada masyarakat yang kurang mampu.

Dengan manfaat tersebut beban hidup saudara kita yang kurang beruntung tentu akan berkurang dan kemudian kita akan mendapat banyak kebaikan karena kita ketahui bahwa siapa yang menanam kebaikan pasti akan mendapatkan kebaikan juga nantinya.

Pemerintah harus Memberikan Jaminan

Hal yang terakhir dan merupakan hal yang menentukan ingin tidaknya wajib pajak membayar pajak adalah jaminan yang diberikan oleh pemerintah. Pemerintah harus dapat memberikan jaminan bahwa pajak yang mereka bayarkan digunakan dengan benar dan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat banyak bukan hanya digunakan untuk kepentingan sebagian orang yang serakah. 

Dengan transparansi data penerimaan pajak dan penggunaan pajak tentu dapat membantu wajib pajak untuk lebih percaya dalam membayar pajak yang menjadi kewajibannya. Mereka tentu tidak ingin uang yang mereka bayarkan dalam bentuk pajak hanya dinikmati oleh segelintir pihak saja dan mengabaikan masyarakat yang lebih membutuhkan dana tersebut. Sehingga peran serta pemerintah untuk meyakinkan wajib pajak bahwa pajak yang mereka bayarkan telah dialokasikan dengan benar dan tidak ada penyelewengan dana sangat perlu untuk dilakukan.

Ketiga hal diatas merupakan cara sederhana yang dapat diterapkan wajib pajak dan pemerintah untuk meningkatkan kesadaran dalam membayar kewajiban pajak. Dengan kelancaran dalam penerimaan pajak, manfaatnya bagi kesejahteraan masyarakat banyak tentu lebih dapat dirasakan. Maka dari itu peningkatan kesadaran dalam membayar pajak perlu untuk selalu kita upayakan

About Wahyu Utama

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Copyright © TERUTAMA ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.