February 22, 2016

Dampak Diberlakukannya Kantong Plastik Berbayar di Indonesia

Posted By: Wahyu Utama - Monday, February 22, 2016

Share

& Comment

Kemarin tanggal 21 februari 2016, pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mulai memberlakukan kebijakan kantong plastik berbayar. Kebijakan ini diikuti oleh 23 kota di indonesia dan untuk sementara baru diberlakukan tahap uji coba pada toko-toko ritel modern.

Kebijakan yang bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional ini didukung oleh banyak pihak, mulai dari Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), hingga Walikota. Tahap awal uji coba, harga yang dipatok untuk kantong keresek minimal Rp 200 dan diharapkan mampu menekan limbah plastik di Indonesia.

Kebijakan memiliki dampak yang akan ikut dirasakan masyarakat Indonesia. Untuk lebih lanjut mari kita lihat apa dampak dari diberlakukannya kantong plastik berbayar di Indonesia.

Dampak Diberlakukannya Kantong Plastik Berbayar di Indonesia

Limbah Plastik yang Berkurang
Sampah plastik merupakan jenis sampah yang sangat sulit untuk terurai di alam. Waktu yang dibutuhkan alam untuk mengurai kantong-kantong plastik adalah seratus tahunan. Jadi sampah plastik yang dibuang pada tahun 2000 baru akan terurai pada kisaran tahun 2100 kelak!!, bukankah itu waktu yang sangat lama ?!. Hal tersebut tentu akan berdampak pada kerusakan lingkungan akibat dari menumpuknya sampah plastik di alam. Maka dari itu, kebijakan ini diharapkan akan mengurangi pemakaian kantong keresek pada masyarakat.

Masyarakat Membawa Kantong Belanja Sendiri
Dengan pengenaan biaya minimal Rp.200 untuk setiap kantong plastik di toko-toko ritel diyakini mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membawa kantong belanja sendiri dari rumah.Masyarakat yang enggan untuk mengeluarkan biaya untuk kantong keresek akan beralih membawa kantong keresek sendiri. Dengan sedikit usaha untuk membawa kantong belanja sendiri, mereka telah turut membantu program pemerintah mewujudkan Indonesia yang lebih baik dengan berkurangnya limbah plastik.

Recycle produk yang berbahan plastik
Dampak Diberlakukannya Kantong Plastik Berbayar di Indonesia

Produk plastik sebenarnya dapat dimanfaatkan ulang oleh masyarakat yaitu dengan adanya aktivitas recycle terhadap limbah plastik. Dengan dicanangkannya program kantong keresek berbayar di Indonesia, Masyarakat diharapkan mampu untuk mengelola sampah plastik menjadi sesuatu yang baru dan dapat dimanfaatkan. Sebagai contoh ada seseorang yang berhasil mengolah limbah plastik yang tidak terpakai untuk dijadikan minyak yang setara dengan premium, solar, dan minyak tanah. Dengan pemanfaatan yang inovatif ini banyak sekali yang akan ikut merasakan manfaatnya, mulai dari sampah plastik yang berkurang di alam dan nilai guna minyak yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari.

Banjir dapat Berkurang

Dampak Diberlakukannya Kantong Plastik Berbayar di Indonesia

Pembatasan penggunaan kantong plastik akan mengurangi sampah plastik yang selama ini sering kita lihat di sungai-sungai dan tempat pembuangan sampah akhir. Dengan adanya sampah plastik yang menumpuk di sungai masalah baru yang menghantui masyarakat akan muncul, itulah banjir. Kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai masih sangat minim. Dengan adanya kebijakan baru ini, sungai yang selama ini menumpuk dengan sampah plastik sedikit demi sedikit akan berkurang. Kemudian masalah banjir yang salah satu penyebabnya adalah sampah plastik dapat berkurang.

Keempat hal diatas diharapkan akan berdampak pada masyarakat karena kebijakan kantong keresek berbayar di Indonesia. Manfaat maksimal akan kita rasakan, apabila semua lapisan masyarakat turut serta mendukung progran yang digagas oleh Pemerintah, karena hal ini akan sia-sia jika masih ada segelintir orang yang tidak mau bersusah payah membawa kantong plastik sendiri untuk berbelanja. Dengan adanya kebijakan ini diharapkan Indonesia dapat menjadi lebih baik dari sebelumnya.


About Wahyu Utama

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Copyright © TERUTAMA ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.